BREAKING NEWS

Recent Comments

Selasa, 02 Juli 2013

Korban tewas gempa Aceh bertambah jadi 22 orang dan 210 luka

Jumlah korban meninggal dan luka akibat gempa 6,2 skala richter (SR) di Aceh terus bertambah. Kini sudah 22 orang meninggal dan ribuan bangunan rusak.

"Hingga saat data sementara dampak gempa terdapat 22 orang meninggal dunia, 210 orang luka-luka, dan ribuan bangunan dan rumah rusak," ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif, Rabu (3/7).

Menurutnya, berdasarkan laporan dari BPBA Aceh Tengah terdapat 10 orang meninggal, 140 orang luka-luka dan dirawat di RSUD. Selain itu, bangunan yang meliputi rumah, masjid, kantor pemerintah mengalami kerusakan.

"Diperkirakan 1.500 unit mengalami kerusakan, beberapa ruas jalan longsor, dan pengungsian tersebar di 10 titik," katanya.

Sementara itu, di Kabupaten Bener Meriah tedapat 12 orang meninggal, 70 orang dirawat di RSUD Bener Meriah dan Puskesmas. Sedangkan kerusakan bangunan dan rumah masih dilakukan pendataan. "Upaya penanganan gempa terus dilakukan," katanya.

Saat ini, Kepala BNPB dari Posko Penanggulangan Asap di Pekanbaru telah memerintahkan penanganan dilakukan secara cepat. Tim BNPB, SRC PB, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan dan Kementerian PU berada di Bener Meriah untuk melakukan koordinasi dan kaji cepat.

BNPB pagi ini mengirimkan satu helikopter Collibri TNI AU dari Pekanbaru ke Aceh untuk membantu penanganan gempa, khususnya di perbatasan antara Bener Meriah dan Aceh Tengah. BNPB juga memberangkatkan pesawat CN 235 TNI AU untuk melakukan foto udara dan kaji cepat dari udara dampak kerusakan gempa.

"TNI, Polri, SKPD terkait dan relawan telah memberikan bantuan kepada korban. Pendataan masih dilakukan," tandasnya.(m)

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 RADAR BERITA ONLINE . Designed by OddThemes