BREAKING NEWS

Recent Comments

Selasa, 02 Juli 2013

Sofyan Tan Gelar Upacara Bendera Bersama Ratusan Anak Kampung Aur


Memperingati Hari Jadi ke-423 Kota Medan, Ketua Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) dr Sofyan Tan bersama ratusan anak yang bermukim di pinggiran Sungai Deli menggelar upacara pengibaran bendera di Jalan Kampung Aur,Kecamatan Medan Maimun,Senin (1/7).

Kegiatan upacara bendera diwarnai dengan pembentukan Laskar Bocah Sungai Deli (Labosude) yang melakukan aksi pungut sampah di lingkungan Kampung Aur dan Sungai Deli dengan tujuan untuk memperbaiki kondisi kebersihan di lingkungan tersebut.

Sofyan Tan didampingi Hj Lie-Lie dalam amanatnya mengatakan,upacara bendera yang dilakukan ratusan anak yang bertepatan pada Hari Jadi Kota Medan bertujuan agar Pemerintah bisa ingat kepada rakyat yang berada di Kampung Aur terutama yang tinggal di pinggiran Sungai Deli.

Sesuai Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila, kata Sofyan tan, warga Kampung Aur juga memiliki hak dan kewajiban yang sama menikmati kehdupan yang layak. ”Meski kita ada di lingkungan inti kota dekat dengan gedung-gedung bagus, tapi masyarakat disini terpingirkan dan dilupakan. Masyarakat disini hanya diingat saat ada Pemilu,”kata Sofyan Tan yang juga Penasehat Labosude.

Atas inisiatif masyarakat lanjut Sofyan Tan yang pertama yang harus dilakukan adalah memperbaiki kondisi kebersihan dilingkungan Kampung Aur dengan pembentukan Labosude yang akan membersihkan sungai dan tempat yang kotor.

Inisiatif lainnya imbuh Sofyan Tan, memperbaiki dan mengecat madrasah yang berada di lingkungan Kampung Aur agar terlihat cantik yang bisa dilakukan dengan cara gotong royong karena madrasah juga merupakan tempat pertemuan serta untuk mengembalikan anak-anak agar tetap rajin mengaji.

Baca Buku

Selanjutnya kata Sofyan Tan, Taman Bacaan juga bisa dibangun di Kampung Aur agar anak- anak sebagai generasi penerus bangsa tidak hanya menonton televisi saja, namun bisa membaca komik dan buku-buku ilmu pengetahuan.

“Setelah ada perpustakaan dengan kondisi lingkungan yang terlihat bersih maka saya akan mengupayakan satu klinik untuk melakukan pengobatan terhadap masyarakat. Kaum ibu juga akan diajarkan bagaimana cara mengelola makanan yang bersih dan sehat karena mayoritas masyarakat disini adalah etnis Minang yang pintar memasak. Jika sudah pintar memasak kelak lingkungan sini akan menjadi tujuan wisata kuliner masyarakat Kota Medan,”ucap Sofyan Tan

Melalui peringatan Hari Jadi Kota Medan ini, Sofyan Tan juga berharap masyarakat Kampung Aur bisa menjadi satu contoh bahwa rakyat tidak selamanya tergatung kepada pemerintah dalam membangun dirinya ke arah yang lebih baik.

Pembina Upacacara Budi Bahar dalam sambutannya mengajak para anak Kampung Aur agar peduli pada kebersihan lingkungan mereka masing-masing. ”Kita harus menghilangkan rasa tidak peduli terhadap lingkungan. Kita semua harus memulainya untuk mendapat lingkungan yang bersah," ungkapnya.

Masih kata Budi Bahar, masyarakat pinggiran Sungai Deli juga memiliki potensi, tidak menutup kemungkinan para bocah tersebut kelak bisa menjadi seorang pemimpin di negara ini seperti menjadi menteri maupun presiden. "Bisa saja salah satu dari kalian akan menjadi menteri maupun presiden," tandasnya.

Selain upacara bendera kegiatan juga diisi dengan pemotongan kue tar, donasi 1000 buku tulis, diskusi, nonton bareng film dokumenter dan lainnya.(anl)

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 RADAR BERITA ONLINE . Designed by OddThemes