BREAKING NEWS

Recent Comments

Minggu, 30 Juli 2017

Inilah Cerita Sebenarnya Tentang Mak Lampir, Ternyata Ia Adalah Seorang Putri Yang ...

 Kisah Mak Lampir menjadi terkenal di seluruh dunia karena diangkat menjadi sinetron di salah satu televisi nasional di Indonesia dengan judul Misteri Gunung Merapi.

Kisahnya sangat berbeda dengan versi legenda. Namun nama Mak Lampir kian terkenal di masyarakat seluruh Indonesia bukan hanya dari Jawa saja.

Siti Lampir Maimunah, itulah nama Mak Lampir yang sebenarnya. Ia mempunyai guru bernama Nenek Serintil.

Nenek Serintil merupakan guru yang sakti mandraguna dari aliran hitam Anggrek Jingga.

Nenek Serintil berasal dari pulau jawa yang memuja Batara Kala.

Legenda Mak Lampir
Banyak yang salah menduga kalau maklampir hanya melegenda digunung merapi di jogjakarta.

Padahal Legenda Mak Lampir sendiri adalah sebuah legenda atau cerita yang berasal dari gunung marapi di Kabupaten Agam Bukit Tinggi Sumatera Barat dan kemudian diadaptasi di jawa karena disana ada gunung merapi, Namun banyak versi lain yang diragukan keakuratannya karena telah disesuaikan dengan daerah-daerah tertentu.

Legenda Mak Lampir ini juga sangat berkaitan dengan Legenda 7 Manusia Harimau yang juga berasal dari Sumatera Barat sebagian Provinsi Bengkulu dan lampung.

Masa muda Mak Lampir


Siti Lampir Maemunah merupakan seorang putri dari kerajaan kuno yaitu Champa yang diambil dari bahasa Vietnam yaitu Chiem Thanh dengan arti kerajaan yang pernah menguasai daerah yang sekarang termasuk Vietnam Tengah dan Selatan diperkirakan antara abad ke 7 sampai dengan tahun 1832.

Pada dasarnya pada waktu dewasa Siti Lampir Maemunah ini adalah seorang gadis yang cantik, baik namun sangat pemalu seperti wanita pada umumnya.

Saat dewasa ia juga pernah merasakan jatuh cinta dengan seorang pemuda.

Sampai suatu hari Siti Lampir berjumpa dengan seorang pengembara yang dipanggil Datuk Panglima Kumbang, yaitu seorang bangsawan yang bergelar datuk.

Disebut datuk karena ia adalah panglima dari pasukan alam kegelapan.

Saat itulah cerita pertama Siti Lampir jatuh cinta kepada seorang pemuda yaitu Datuk Panglima Kumbang yang tidak ada yang tahu pasti siapa nama pemuda itu.

Namun yang jelas sang pemuda juga diam-diam suka kepada Siti Lampir Maemunah walaupun tanpa sepengetahuan sang putri.

Kisah Cinta Mak Lampir
Walaupun mereka berdua saling suka, namun hubungan mereka ini tidak mendapat restu dari kedua orangtua Datuk Panglima Kumbang dan membuat sang putri sakit hati.

Karena sakit hati, maka sang putri pergi bertapa ke gunung marapi.

Saat pertapaan tersebut, sang putri bertemu dengan seorang mahaguru, Guru tersebut banyak sekali memberi ilmu hingga sang putri sakti mandraguna tanpa tanding.

Putri tersebut lalu mendapatkan sebutan Mak Lampir dari warga sekitar gunung yang ketakutan mendengarkan namanya.

Disisi lain, walaupun tidak mendapat restu dari orangtua Datuk Panglima Kumbang, Mak Lampir tetap saja mencari pujaan hatinya tersebut. Akan tetapi ia tidak pernah bertemu.

Hingga pada suatu hari Mak Lampir dan Datuk Panglima Kumbang akhirnya bertemu, namun mereka bertemu dalam medan pertempuran.

Dan sayangnya Datuk Panglima Kumbang tewas dalam pertempuran tersebut.

Mak Lampir sangat menyesalkan kematiannya, terlebih ketika ia mengetahui jika Datuk Panglima Kumbang juga mencintainya.

Dia tidak rela orang yang sangat dicintainya mati, akhirnya Mak Lampir berusaha menghidupkan kembali Datuk Panglima Kumbang dengan cara mengikatkan jiwa Datuk Panglima Kumbang di bumi.

Awal Mula Peperangan Bangsa Gaib
Kesaktian yang dimiliki Mak Lampir berhasil menghidupkan kembali Datuk Panglima Kumbang, Namun ilmu yang digunakan membuat wujud Mak Lampir berubah menjadi buruk rupa dan sangat menyeramkan.

Walaupun dengan wujud tersebut Mak Lampir berharap Datuk Panglima Kumbang tetap mencintainya dan menerimanya dengan tulus.

Namun yang terjadi adalah sebaliknya. Pengorbanan yang dilakukan oleh Mak Lampir tidak dianggap oleh Datuk Panglima Kumbang.

Pujaan hati Mak Lampir tersebut malah menganggap jika wanita yang telah menghidupkannya itu adalah sang peneror warga dengan wajah buruknya.

Dan sejak saat itu pertempuran gaib terus terjadi dan membuat warga banyak yang ketakutan dengan Mak Lampir.

Cerita Lain Mak Lampir di Pulau Jawa
Disebutkan dalam literatur lain yaitu Mak Lampir yang berumur sudah ratusan tahun memilih pindah ke pulau jawa.

Tujuan pindah ke pulau jawa tersebut adalah untuk membuat ilmu yang dimilikinya semakin sempurna.

Di pulau Jawa dia bersemayam di Gunung Merapi dan mendirikan sebuah kerajaan gaib yang sangat luas.

Ia bersekutu dengan Iblis untuk mewujudkan harapannya.

Karena hal tersebut Mak Lampir bisa hidup hingga ratusan tahun dan menjadi siluman, Ia tidak bisa mati dan terus akan mengganggu manusia.

Legenda Mak Lampir memang sangat membahana, Akan tetapi itu hanya cerita dan belum bisa menjadi bukti yang nyata.(sriwijayapos)

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 RADAR BERITA ONLINE . Designed by OddThemes