BREAKING NEWS

Recent Comments

Selasa, 01 Agustus 2017

RAPAT PARIPURNA DPRK PIDIE JAYA DALAM RANGKA PENYAMPAIAN​ LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNG JAWABAN (LKPJ) LAPORAN PANSUS, LAPORAN INISIATOR TERHADAP RANCANGAN QANUN, PENYERAHAN LAPORAN RESES



A. Pada 311020 Juli 2017, telah dimonitor Kegiatan acara Rapat Paripurna DPRK Pidie Jaya dalam rangka Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ), Laporan Pansus, Laporan Inisiator terhadap rancangan qanun, Penyerahan Laporan Reses, bertempat di Koridor Gedung DPRK Pidie Jaya, Komplek perkantoran Cotrieng Pemkab Pidie Jaya Kec Meureudu Kab Pidie Jaya, yang dihadiri -+ 70 Orang diantaranya :
1. Wakil Bupati Pidie jaya, Said Mulyadi, SE, M.Si
2. Ketua DPRK Pidie Jaya, An. Armia Harun.
3. Wakil Ketua II DPRK Pidie Jaya, An. Ir. Nazaruddin.
7. Sekdakab Pidie Jaya, An. Ir. Iskandar Ali, M.Si.
8. Sekwan DPRK Pidie Jaya, An. Abubakar, S.Sos.
9. Anggota DPRK Pidie Jaya.
10. Para SKPK Se-Kab. Pidie Jaya.

B. Adapun Rangkaian Kegiatan Sbb :
1. Pembukaan oleh Wakil Ketua II DPRK Pidie Jaya, Ir. Nazaruddin

2. Laporan  Badan Anggaran DPRK Pidie Jaya terhadap pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungawaban Tahun anggaran 2016 disampaikan oleh Edi Sahputra (Anggota DPRK F- PA Sbb:
a. Di hari yang cerah ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas segala limpahan rahmat Taufik dan hidayah-nya sehingga pada hari ini kita masih dapat menghadiri dan mengikuti rapat paripurna I DPRK Pidie Jaya masa persidangan II dengan agenda penyampaian laporan badan anggaran DPRK Pidie Jaya terhadap LKPJ tahun 2016 yang berlangsung dalam ruangan yang berbahagia ini semoga kita semua dalam keadaan sehat wal afiat.

b. Pada kesempatan yang berbahagia ini Ijinkanlah Kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan rapat yang telah memberikan waktu dan kesempatan kepada badan anggaran untuk menyampaikan laporan hasil pembahasan LKPJ Bupati Pidie Jaya tahun 2016.

c. Untuk terwujudnya pelaksanaan pemerintahan yang bersih bertanggungjawab serta mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif dan efisien Sesuai dengan prinsip Tata pemerintah yang baik maka kepala daerah wajib melaporkan penyelenggaraan pemerintah daerah laporan dimaksud dalam bentuk LPPD,LKPJ dan ini LPPD sebagai salah satu bahan evaluasi untuk keperluan pembinaan terhadap pemerintah daerah.

d. Lkpj Bupati pidi Jaya Tahun Anggaran 2016 merupakan laporan pertanggungjawaban bupati dan wakil bupati dalam kurun waktu 1 Tahun Anggaran dalam rangka melaksanakan dan mengimplementasikan APBK tahun 2016 sebagai tindak lanjut dari kanon rencana tata ruang wilayah Kabupaten Pidie Jaya nomor 4 tahun 2014 dan kanon Nomor 7 Tahun 2014 tentang RPJM Kabupaten Pidie Jaya tahun 2014-2019 sebagai penjabaran agenda-agenda yang ditawarkan bupati dan wakil bupati terpilih dalam visi dan misinya pada saat kampanye Pilkada 2014

3. Laporan  Panitia Khusus Daerah Pemilihan I Kecamatan Meureudu, Meurah Dua dan Ulim
oleh Anggota DPRK/PKB, Heri Ahmadi Sbb:
a. a. Pertama-tama Marilah sama kita mengucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-nya pada hari ini yang bahagia ini kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul kembali dalam ruangan sidang ini, dalam rangka mengikuti acara rapat paripurna DPRK Pidie Jaya tahun 2017, dengan Agenda penyampaian Laporan Pansus I s.d IV DPRK Pidie Jaya Tahun 2017 terhadap hasil peninjauan kelapangan tentang Realisasi kegiatan Pembangunan Kab. Pidie Jaya Tahun anggaran 2016 yang telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu.
b. Pertama sekali ucapkan terima kasih kami ucapkan kepada pimpinan sidang yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menyampaikan laporan panitia khusus l DPRK Pidie Jaya Tahun Anggaran 2016, hal ini tentu saja merupakan tugas dan fungsi DPRD yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah dan APBD,sesuai dengan daerah pemilihan masing-masing 8 kecamatan dalam Kabupaten Pidie Jaya yang telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang berlaku.
c. Adapun laporan yang dapat kami sampaikan adalah sebagai berikut :
1). Dinas Pendidikan.
a).  Pembangunan ruangan komputer SMAN unggul Kecamatan merdu dengan anggaran 450 juta bersumber dari Otsus, menurut tim Pansus bangunan belum juga difungsikan hingga sekarang.
b). Pembangunan RKB PAUD Meunasah Mancang Kecamatan Muaradua dengan anggaran 250 juta, permasalahan menurut tim Pansus cat yang digunakan kurang sempurna sehingga bangunan terlihat cepat pudar dinding dan lantai nya sudah retak diakibatkan gempa beberapa waktu lalu.
c). Pembangunan ruang guru dan kepala sekolah SDN Babah jurong dengan anggaran 130 juta.
d). Bangunan mushola SMPN I Ulim dengan anggaran 420 juta yang bersumber dari otsus, permasalahannya bangunan mushola dan tempat Wuduk lebih besar dari pada atap biasanya lebih besar atap dari pada bangunan, atap mushola bocor sebelum musolah digunakan pihak sekolah sudah menyampaikan permasalahan ke dinas namun dari pihak dinas belum ada tanggapan.
e). Pembangunan kantor guru/ kepala sekolah SDN Tutue ara yang anggarannya 300 juta yang bersumber dari otsus, menurut keterangan dari kepala sekolah bangunan sudah siap dari bulan 7,sedangkan kunci belum di kasih kepihak sekolah.
2). Dinas Pekerjaan Umum.
a). Peningkatan Bendungan Desa Teluk sanding Kecamatan Ulim dengan anggaran 6 miliar, permasalahan perlu peningkatan tanggul kali yang ada di samping jalan karena air mengalir semua ke badan jalan sehingga banyak air yang terbuang begitu saja.
3). Dinas Pertanian dan Peternakan.
a). Terkait pembongkaran lahan kawasan peternakan Gampong Blang awe dan pohon dengan Pagu anggaran 790 juta sedangkan lahan yang ada di Gampong Blang awe belum ada pagar menurut keterangan dinas sudah dipindahkan ke Pohroh dengan alasan masyarakat Blang Awe memiliki sengketa.
b). Tempat air minum ternak dengan anggaran 49 juta juga belum difungsikan.
c). Pembangunan gudang pakan ternak jerami gampang Pooh dengan anggaran Rp. 149.300.000 ,ada yang sudah rusak.
d). Kemudian kami sangat prihatin terhadap belanja hijauan pakan ternak Kampung Pohroh dengan anggaran 200 juta.
4). Rumah Sakit Umum.
a. Ketika di Pansus ke Rumah Sakit Umum Kabupaten Pidie Jaya direktur dan para Kabid tidak berada ditempat pada lahan kegiatan ini sudah Diberitahukan kepada Bupati jauh hari sebelum dilaksanakan Pansus, kamu sangat menyesali hal ini, Pemerintah patut mengevaluasi kinerja rumah sakit umum karena menyangkut dengan pelayanan masyarakat.
d. Kesimpulan setiap pendamping harus bisa bertanggung jawab terhadap permasalahan yang terjadi di lapangan minimal pendampingnya Kabid setiap permasalahan yang ditemukan oleh tim Pansus di lapangan harus ditindaklanjuti.

4. Laporan  Panitia Khusus Daerah Pemilihan II  Kecamatan Bandar Dua dan Kecamatan Jangkabuya Oleh Anggota DPRK/PDA, Tgk Muslim Sbb:
a. Pertama-tama marilah kita ucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-nya pada hari yang berbahagia ini kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul kembali dalam ruangan yang sedang ini dalam rangka mengikuti acara rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Pidie Jaya tahun 2017 dengan agenda penyampaian laporan panitia khusus I sampai dengan VI DPRK Pidie Jaya tahun 2017 terhadap hasil peninjauan ke lapangan terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban LKPJ Bupati Pidie Jaya Tahun Anggaran 2016 yang telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu.

b. Adapun laporan yang dapat kami sampaikan adalah sebagai berikut :
1). Dinas pendidikan
a). Pembangunan musholla SMKN Bandar Dua dengan jumlah anggaran Rp.420.000.000,- tim Pansus melihat kondisi bangunan sudah selesai dikerjakan 100%Namun karena terjadinya gempa maka mushola tersebut perlu dilihat agar dapat difungsikan kembali.

b). Rehab sedang tiga ruang kelas SDN jangka Buya dengan nilai anggaran Rp. 180.000.000,- ruang kelas sudah selesai direhab dan tidak ada permasalahan.

2). Dinas Kesehatan
Peningkatan pengadaan dan perbaikan sarana dan prasarana di-invite Puskesmas dengan tujuan anggaran Rp. 784.716.075,- dimana terdapat pembangunan pagar Puskesmas jangka Buya yang telah selesai dikerjakan dan tidak ada permasalahan yang signifikan.

3). Dinas Pekerjaan umum
a). Rehab Bandung di uteun Bayu Kecamatan Bandar Dua dengan jumlah anggaran Rp. 500.000.000,- yang bersumber dari DAK pelaksana swakelola yang tidak dibersihkan sehingga menyumbat Bendungan tersebut.

b). Peningkatan saluran sekunder di  Lhok Ugop Kecamatan Bandar Dua dengan jumlah anggaran Rp. 3000.000.000,- yang bersumber dari anggaran DAK  setelah tim Pansus ke lapangan dan melihat langsung tidak ada permasalahan yang didapat.

4). Dinas Pertanian dan Peternakan
a). Pembangunan saluran tersier di Gp Cor Geureupai Kecamatan Bandar Dua dengan jumlah anggaran Rp. 95.000.000,- yang bersumber dari dana apbk setelah tim Pansus ke lapangan dan melihat langsung tidak ada permasalahan yang didapat.
b). Pembangunan saluran irigasi tersier Kampung Meunasah MEE Kecamatan jangka Buya dengan jumlah anggaran Rp.100.000.000,- yang bersumber dari dana otsus tim Pansus melihat tidak ada permasalahan yang didapat.

c. Setelah tim Pansus II meninjau langsung ke lapangan Kami menemukan beberapa permasalahan yang belum tersentuh maka daripada itu tim Pansus II merekomendasikan kepada dinas terkait di antaranya yaitu:
1). Untuk dinas pendidikan agar dapat merencanakan anggaran untuk pembangunan pagar dan Rehab ruang kelas selama pada SDN jangka buya.
2). Kepada dinas pekerjaan umum, agar dapat merencanakan anggaran prioritas pada tahun 2018 untuk pembangunan irigasi baru yang nantinya akan mengairi persawahan Bkang Galong kampung gahru dimana persawahan yang kurang lebih dari 30 Hektar tersebut sudah tidak bisa digarap oleh masyarakat oleh masyarakat selama 7 tahun terakhir walaupun terdapat irigasi lama di sekitarnya, kemudian perlu prioritas pada anggaran tahun 2018 pembangunan jalan Ulee Gle jangka Buya yaitu dari depan lapangan futsal Ulee Gle dan depan masjid jangka Buya karena apabila hujan sedikit saja maka kawasan tersebut banjir.

5. Laporan  Panitia Khusus Daerah Pemilihan III Kec Bandar Baru Oleh Anggora DPRK/PBB, Misdar Sbb:
a. Pertama-tama marilah kita ucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-nya pada hari yang berbahagia ini kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul kembali dalam ruangan yang sedang ini dalam rangka mengikuti acara rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Pidie Jaya tahun 2017 dengan agenda penyampaian laporan panitia khusus I sampai dengan VI DPRK Pidie Jaya tahun 2017 terhadap hasil peninjauan ke lapangan terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban LKPJ Bupati Pidie Jaya Tahun Anggaran 2016 yang telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu.

b. Hal ini Sebagaimana telah diamanatkan dalam peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Pidie Jaya Nomor 1 Tahun 2014 tentang peraturan tata tertib DPRK Dedy Jaya dan keputusan pimpinan DPRK Pidie Jaya nomor 12 tahun 2017 tentang pembentukan panitia khusus Dapil 1 sampai dengan 4 DPRK Pidie Jaya sesuai dengan daerah pemilihan masing-masing di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Pidie Jaya yang telah dilaksanakan pada tanggal 11 sampai dengan 14 Juli 2017.

c. Adapun laporan yang dapat kami sampaikan adalah sebagai berikut:
1). Dinas pendidikan, pendidikan merupakan hal utama dalam mencapai kemajuan suatu daerah kualitas suatu pendidikan harus didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas terutama Demi kemajuan pidi Jaya yang kita cintai akan tetapi hal itu sangat disayangkan hasil tinjauan tim Pansus Dapil 3 di SMP 5 Bandar Baru Pidie Jaya dengan hitam kegiatan yaitu pembangunan Mushola yang dananya bersumber dari dana otsus dengan Pagu anggaran 420 juta bahwa kondisi dari mushola tersebut sangat memprihatinkan dengan jumlah dana yang memadai akan tetapi kualitas bangunannya jauh dari kesempurnaan kondisi dinding yang baik nyak retak kelapon yang sudah banyak berjatuhan serta atap yang sudah bocor keadaan tersebut sangat memprihatinkan musholah yang seharusnya sudah bisa dimanfaatkan tetapi sampai sekarang belum ada serah terima dari pihak ketiga.

2). Dinas Perindustrian Perdagangan dan koperasi, Menurut pengamatan tim Pansus Dapil 3 terdapat pembangunan kanopi pasar pagi itu perlu adanya pembuatan saluran pada pinggiran jalan supaya tidak terjadi genangan air pada ruas ruas jalan tersebut Disamping itu perlu dilakukannya penertiban terhadap pedagang, pedagang yang memanfaatkan badan jalan sebagai tempat jualan hal ini perlu diperhatikan khusus dari Pemerintah Daerah untuk memberikan garis pembatas pada badan Jalan Serta memberikan limit waktu Sampai jam berapa bisa berjualan di situ hal ini demi kelancaran lalu lintas dan demi keselamatan dan kepentingan masyarakat pidi Jaya pada umumnya.
3). Pada kesempatan ini tim Pansus Dapil 3 mengusulkan renovasi terhadap Mushola Baitul Muttaqin pasar pagi ke Delong foto mengingat kondisi mushola tersebut yang Sudah Selayaknya direnovasi.

3). Satpol PP, untuk Satpol PP dimintakan untuk segera mengaktifkan Damkar yang ada di Kecamatan Bandar Baru mengingat kita tidak tahu kapan terjadinya musibah maka dari itu kita harus selalu siap sedia dalam hal ini Satpol PP juga harus bekerja lebih ekstrak dalam penertiban pedagang kaki lima yang selama ini sangat mengganggu lalu lintas jalan raya.

4). Dinas Kesehatan, untuk Dinas Kesehatan penambahan ruang Puskesmas dengan anggaran Rp. 2,7 milyar pelaksanaan selesai 100% realisasi Kepala Puskesmas Bandar Baru mengusulkan untuk pembuatan kanopi di setiap jendela Puskesmas dikarenakan apa bila hujan turun air merembes ke dalam kamar rawat inap.

5). Dinas pekerjaan umum, disarankan kepada dinas pekerjaan umum supaya merehab pembangunan jembatan cincin yang rusak akibat gempa yang terjadi pada tanggal 7 Desember 2016 yang menyebabkan jembatan tersebut rusak parah hal ini perlu ditanggapi secara serius karena jembatan tersebut merupakan satu-satunya akses transportasi masyarakat wilayah tersebut sehingga tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di kemudian hari.

6. Laporan  Panitia Khusus Daerah Pemilihan VI Kec Trienggadeng dan Kec Panteraja Oleh Anggora DPRK/PBB, Muslim A Adam Sbb:
a. Pertama-tama marilah kita mengucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-nya pada hari yang berbahagia ini kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul kembali dalam ruangan yang terhormat ini dalam rangka mengikuti acara rapat paripurna DPRK Pidie Jaya dengan agenda penyampaian laporan badan anggaran dan panitia khusus terhadap LKPJ Bupati Pidie Jaya tahun 2016.
b. Kami juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pendamping Pansus dan jajaran eksekutif yang telah mendampingi serta memberikan data data terhadap kegiatan tahun 2016, sehingga atas partisipasi dan sumbangsihnya sangat membantu tim Pansus dalam melaksanakan kegiatan ini.
c. Panitia khusus IV DPRK Pidie Jaya dalam melaksanakan tugas ke Kecamatan panteraja dan Kecamatan tringgadeng sudah melihat secara langsung ke lokasi kegiatan yang disertai adanya data dan dokumen pendukung yang diberikan oleh masyarakat setempat menyangkut dengan kegiatan kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan pada tahun 2016, hal ini kami harapkan agar mendapat perhatian yang serius dari pemerintah Kabupaten Pidie Jaya terutama instansi-instansi terkait.
d. Dalam kesempatan ini kami dari Pansus IV atau menyampaikan beberapa catatan dan temuan serta saran sebagai berikut :
1) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG).
a) Adanya pembangunan kantor keuchik Gampong Cot Makaso Kecamatan tringgading yang tidak dapat dipakai lagi karena bangunan sudah dalam kategori rusak berat akibat gempa bumi, maka untuk itu perlu perhatian dari pemerintah agar dapat dimasukkan dalam daftar bangunan yang akan mendapat bantuan dari dana rehabilitasi dan rekonstruksi.
2) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
a) adanya pergeseran anggaran sebesar 300 juta dari SD Negeri pangwa ke sekolah yang lain tanpa pemberitahuan atau pembahasan dengan DPRK terlebih dahulu padahal aturan yang sebenarnya setiap pergeseran anggaran harus Diberitahukan kepada DPRK atau adanya semacam surat pernyataan dari tim anggaran pemerintah dalam hal ini saudara Sekda.
b) Berikut temuan tim Pansus di SMA Negeri tringgading adalah belum difungsikan empat ruang kegiatan belajar dengan dalih alasan belum ada mobiler, yang kemudian ada beberapa sisi bangunan yang rusak akibat gempa tahun lalu maka suhubungan hal tersebut kami menyarankan kepada dinas pendidikan untuk memperketat pengawasan internal pada SMA Negeri tringgading baik dari segi pembangunan maupun dari segi kegiatan belajar dan mengajar.
3) Dinas Pekerjaan Umum.
a) pekerjaan jalan tringgading pangwa yang belum tuntas atau penyelesaian masih 37% hal ini sangat kita sayang kan karena anggaran terserap pada pekerjaan tersebut sangat besar yaitu sebesar 5 miliar maka untuk itu kami sarankan kepada dinas pekerjaan umum untuk memanggil konsultan pengawas dan kontraktor pelaksana untuk dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan kontrak dan aturan yang sudah diberlakukan karena kalau masalah ini tidak dijalankan sesuai dengan aturan kami dari Pansus akan menyurati para pihak yang berwajib.

7. Pembacaan Doa dan Penutup.

Kegiatan acara Rapat Paripurna DPRK Pidie Jaya dalam rangka Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Selesai pada pukul 11.50 Wib berjalan dengan aman dan tertib,AR-(zoni jamil.)

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 RADAR BERITA ONLINE . Designed by OddThemes